Wednesday 8 February 2017

Delapan Hal Pengikis Iman

DELAPAN HAL PENGIKIS KEIMANAN

Oleh : Ust. Khalid Basalamah

Iman adalah amalan hati,amalan lisan dan amalan segenap anggota badan.Iman akan bertambah dengan ketaatan pada Alloh dan akan berkurang dengan kemaksiatan padaNya.

Ada delapan hal yang dapat mengikis keimanan seseorang:

1. Kebodohan
Kebodohan adalah pangkal dari keburukan yang menjadi penyebab utama berkurangnya iman.
Ali bin Abi Tholib pernah berkata :" Tidak ada musibah yang lebih besar dari pada musibah berupa kebodohan".

2. Riya'
Riya' adalah pintu setan dalam merusak amal ibadah seseorang. Alloh berfirman :
"Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Alloh,tetapi Allohlah yang membalas tipuan mereka, apabila mereka betdiri untuk sholat mereka melakukannya dengan malas.Mereka bermaksud riya' hanya untuk dilihat di depan manusia.Dan mereka tidak mengingat Alloh kecuali hanya sedikit".( Qs. An Nisa : 142).

3. Berburuk sangka
Berburuk sangka juga merupakan perbuatan sia-sia yang hanya akan ,enimbulkan dosa bagi pelakunya. Salah seorang ulama yang bernama Bakr bin Abdilla Al Muzani Rahimahulloh pernah berkata :" Jauhilah perkataan (prasangka) yang jika engkau benar,engkau tidak akan mendapatkan pahala,akan tetapi jika engkau salah,engkau akan mendapatkan dosa.Perkataan itu adalah buruk sangka (su'udzon).

4. Lisan yangvtidak pernah terjaga
Rosululloh saw bersabda :" Barang siapa yang memberikan jaminan kepadaku,untuk menjaga apa yang ada diantara dua janggutnya,yaitu mulut dan apa yang ada diantara dua kakinya yaitu kemaluan,maka aku akan menjamin baginya pasti mendapatkan surga".(HR. Bukhori).

5. Salah pergaulan
Kuat dan lemahnya iman seseorang sangat bergantung pada siapa yang menjadi sahabat karibnya.
Rosululloh bersabda :"Agama dan akhlak seseorang bergantung pada agama dan akhlak sahabat karibnya, maka lihatlah siapa yang akan kalian jadikan sahabat karib".(HR. Ahmad dan Abu Daud).

6. Mata yang berkhianat
Mata yang berkhianat merupakan mata iblis yang berbisa.Ia adalah otak dri segala yang bencana yang menimpa manusia.

Rosululloh bersabda dalam sebuah hadots Qudsi: "Sesungguhnya pandangan mata adalah panah iblis yang beracun,barang siapa yang menjaganya (dengan tidak memandang yang haram) karena takut kepadaKu,maka Aku akan menggantinya dengan iman yang manisnya bisa dirasakan di dalam hati".(HR. Hakim dan Thabrani).

7. Memegang (menyentuh) wanita yang bukan mahramnya.
Alloh mengharamkan semua sebab yang menjerumuskan manusia ke dalam perbuatan zina,salah satu diantaranya adalah memegang atau menyentuh wanita yang hikan mahromnya.

Rosululloh bersabda :" Salah seorang diantara kalian ditusuk dikepalanya dengan jarum besi lebih baik dari pada harus memegang (menyentuh) wanita yang tidak halal baginya".(HR. Thabrani).

8. Makan dan minum dengan tangan kiri
Alloh melarang keras makan dan minum dengan tangan kiri,karena itu adalan kebiasaan setan musuh yang nyata bagi manusia. Rosululloh bersabda :" Janganlah kalian makan dengan tangan kiri,karena setan makan dengan tangan kiri ".( HR. Muslim).

# Semoga bermanfaat

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Semoga bisa menjadi amal jariyah. Barakallah fikum.

0 komentar:

Post a Comment