Saturday, 10 December 2016

Ini bentuk jubah Rasulullah yang bertambal

Dalam sebuah hadis riwayat Aisyah radhiallahu ‘anha, menyebutkan tentang pekerjaan yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan di rumahnya:

“Beliau mengerjakan apa yang biasa dikerjakan salah seorang kalian di rumahnya. Beliau menambal sandalnya, menambal bajunya, dan menjahitnya. ” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 540)

 “Beliau manusia biasa. Beliau menambal pakaiannya dan memeras susu kambingnya”. (HR.Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 541)


Dan salah satu jubah beliau, masih bisa kita lihat pada saat ini, dan apabila kita perhatikan masih berbekas tambalan pada bajunya.

Inilah kesederhanaan hidup Rasulullah. Tanpa harus “Jaim”, sebagai pemimpin bangsa Arab ketika itu, beliau berupaya untuk semaksimal mungkin, memanfaatkan barang yang ia miliki.

Wallahu a’lamu bishshawab

Catatan :

1. Apa yang terlihat didalam foto (picture) di atas, kemungkinan adalah replika dari Jubah Rasulullah. Hal ini dikarenakan untuk Jubah yang asli, tentu tidak bisa sembarangan dipegang dan diperlihatkan secara terbuka, demi keamanan agar tidak menjadi rusak, mengingat usianya yang sudah ribuan tahun.

2. Picture Jubah asli Nabi Muhammad

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Semoga bisa menjadi amal jariyah. Barakallah fikum.

0 komentar:

Post a comment