Wednesday, 24 August 2016

Menakjubkan Begini jadinya jika Apel Dibacakan Quran

begini jadinya Jika Apel Dibacakan Al Quran Vs Musik
Eksperimen Apel Dibacakan Al Quran Vs Musik

Sebagian orang beranggapan bahwa musik dapat memperbaiki suasana hati seseorang, berdampak positif pada kesehatan, menghilangkan stress, dan manfaat lainnya. Ada pula yang mengatakan bahwa musik dapat menambah kecerdasan janin. Terlepas dari pendapat orang mengenai musik, islam memiliki hukum khusus tentang hal ini. Salah satu hadist Rasulullah tentang musik, beliau bersabda,

ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف

”Sungguh akan ada sebagian dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat musik. (HR. Bukhari, no. 5590)

Dalam hadist tersebut Rasulullah bukan saja mengharamkan tentang musik, namun juga menunjukan bahwa beliau mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang dan hadist tersebut benar-benar terbukti di masa kita ini.

Baiklah, itu sekilas tentang musik menurut Islam. Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa kita diharamkan bermusik, entah itu memainkannya maupun hanya mendengarkan?

Berikut ini kisah seorang blogger mengenai musik bernama AlyB (atau biasa dipanggil DiscoMaulvi).  Ia adalah seorang mahasiswa yang ingin mendalami agamanya dan saat itu salah satu tantangan terberatnya yakni musik. Proses itu pun tidak mudah, apalagi didukung pendapat orang-orang mengenai pembenaran dalam musik. Hingga dia benar-benar bisa berhenti dari musik saat mendapat email yang di forward oleh organisasi Al Huda Kanada.

Berikut merupakan isi email tersebut

Bismillah
Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Beberapa minggu yang lalu, putri saya, yang masih kelas 1 SD, melakukan uji coba ilmiah di sekolahnya. Kami memutuskan untuk melakukan sebuah eksperimen yang menarik. Hipotesis kami adalah mendengarkan Al-Qur'an mempunyai dampak bagi diri kita, sama halnya ketika kita mendengarkan musik yang juga mempunyai dampak yang terlihat jelas. Untuk membuktikan hipotesis ini, kami mengambil sebuah apel yang mempunyai kandungan sekitar 60-70% air, sama seperti tubuh manusia. Kami membelah dua apel itu, memasukkan masing-masing bagiannya ke dalam kantung plastik, dan selama tujuh hari kami memainkan lantunan ayat-ayat Al-Qur'an untuk salah satu bagian apel, dan lantunan musik untuk bagian apel yang satu lagi. Kedua apel ini disimpan dalam suhu ruangan. Hasilnya sangat luar biasa dan hipotesis kami benar adanya.
Apel sebelum didengarkan al quran dan musik
Apel sebelum didengarkan al quran dan musik
Apel setelah didengarkan al quran dan musik
Apel setelah didengarkan al quran dan musik

Dalam surat Yunus, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman tentang Al-Qur'an:

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Qs. Yunus[10]:57)



Tolong perhatikan gambar di bawah ini. Gambar pertama adalah gambar ketika apelnya baru dibelah. Gambar kedua adalah gambar setelah tiga minggu melakukan eksperimen. 
Jazakallah khairan. Wassalam.

Quanita Rizvi
Al-Huda Institute, Kanada

Akhirnya para Ilmuwan Reflection  Karachi, Pakistan juga ingin membuktikan kebenaran eksperimen tersebut. Percobaan dilakukan selama 2 minggu. Mereka melakukan percobaan dengan membelah buah apel, satu bagian diperdengarkan musik 10 menit dalam sehari, pun demikian bagian lainnya diperdengarkan Al Quran 10 menit dalam sehari. Eksperimen ini dilakukan selama 2 minggu.

Sungguh hasil yang luar biasa, eksperimen tersebut benar-benar berhasil sesuai dengan apa yang dijelaskan pada email. Gambar di bawah menunjukan hasil eksperimen tersebut.

Apel yang busuk adalah apel yang diperdengarkan musik sedangkan apel yang segar adalah yang diperdengarkan Al Quran. Yang lebih istimewa lagi apel yang diperdengarkan Al Quran masih mengeluarkan aroma segar sementara yang busuk bisa anda bayangkan sendiri baunya.
Apel Fresh dan Busuk setelah dibacakan Al quran Vs Musik
Apel Fresh dan Busuk setelah dibacakan Al quran Vs Musik
Apel yang dibacakan Al quran selama 2 minggu masih segar
Apel yang dibacakan Al quran selama 2 minggu masih segar

Apel membusuk setelah didengarkan musik selama 2 minggu
Apel membusuk  setelah didengarkan musik selama 2 minggu

Padahal normal proses oksidasi apel terjadi hanya dalam hitungan menit, sangat cepat sekali. Oksidasi yakni perubahan warna kecoklatan pada bagian apel yang terkontaminasi udara. Lalu bagaimana mungkin potongan apel yang dibiarkan diruangan terbuka selama dua minggu masih mengeluarkan aroma segar?


وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلاَ يَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ إِلاَّ خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra`: 82)

Maha Benar Allah atas segala firmanya.
Melalui eksperimen tersebut terbukti bahwasannya bacaan Al Qur’an merupakan bacaan yang tak hanya berisi pedoman hidup, namun juga membuat organ tubuh pembacanya menjadi sehat. Allahu Akbar.

Oleh sebab itu, bagi seorang muslim yang menyukai musik, maupun yang ingin mengambil manfaat darinya dengan alasan meningkatkan kecerdasan, menambah kesehatan atau hal lainnya, hendaklah terlebih dahulu ia menggunakan Al Qur’an sebelum menggunakan musik tersebut karena Al Qur’an adalah obat, menenangkan jiwa, menghibur dikala sedih, mengasah ketajaman hafalan dan lainnya.


Semoga semakin banyak sahabat-sahabat lainnya yang menyadari bahwa sebaik-baik alunan adalah alunan ayat suci Al Qur’an. Wallahu A’lam

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Semoga bisa menjadi amal jariyah. Barakallah fikum.

0 komentar:

Post a comment